Yuk, Terapkan Tren Tanaman Hias Kekinian di Dalam Rumah

Tiga bulan lagi tahun 2018 akan berakhir, namun tren tanaman hias di dalam rumah masih terus naik daun, bahkan diyakini masih akan terus berlanjut hingga 2019.

Hal ini sejalan dengan tren arsitektur yang ‘membumi’: Mengekspos tampilan material alam – atau penggunaan material pabrikan yang menyerupai material alam, penggunaan warna-warna netral yang hangat pada interior rumah, sampai dengan usaha mengaburkan batas ruang dalam dan ruang luar – untuk memberi kesan menyatu dengan alam. Salah satunya adalah dengan memberikan elemen hijau tanaman di dalam ruangan yang menjadi aksen menyegarkan, namun juga selaras dengan keseluruhan tema rumah.

Tanaman hias yang sedang ‘nge-hits’ saat ini, dan bisa dijadikan pilihan untuk mempercantik bagian dalam rumah Anda antara lain:

 

Monstera Deliciosa

(Photo source: https://www.tuincentrum.nl/philodendron-monstera-deliciosa-gatenplant)

Tanaman berdaun lebar yang sempat populer di tahun 70an ini, kembali mewarnai sudut-sudut rumah kekinian. Dengan tampilan fisik yang eye-catching berupa daun berpola lubang-lubang yang cantik, tidak heran tanaman ini menjadi salah satu yang sangat instafamous, alias sangat populer menjadi objek foto di Instagram!

 

Sirih Gading

(Photo source: https://www.cherryroseblooms.com.au/products/hanging-devils-ivy)

Tanaman yang sering juga disebut dengan devil’s ivy, money plant atau golden photos ini, merupakan tanaman merambat yang tidak memerlukan perawatan yang rumit. Tanaman ini dapat ditanam di dalam maupun luar ruangan, langsung di tanah ataupun dengan menggunakan pot. Bahkan tanaman ini tetap dapat bertumbuh dengan baik walaupun hanya di dalam botol yang diisi air. Sirih gading juga dikategorikan sebagai tanaman yang dapat membersihkan udara dalam ruangan, menyerap racun, dan juga diyakini dapat membawa keberuntungan dan kemakmuran jika diletakkan di dalam ruangan. Selain itu, ahli sains juga merekomendasikan untuk meletakan tanaman ini dekat komputer, TV, atau Wi-Fi router, untuk menyerap radiasi. Wow, sirih gading selain cantik, mudah dirawat, juga banyak manfaatnya ya.

 

Lidah Mertua

(Photo source: https://nurserylive.com/buy-annual-flowers-plants-online-in-india/sansevieria-trifasciata-laurentii-snake-plant-plants-in-india)

Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieria ini merupakan salah satu tanaman yang tahan banting, karena mampu bertahan hidup pada rentang suhu yang sangat luas. Selain itu, lidah mertua juga efektif menyerap polutan ruangan seperti formaldehid, benzena, dan trikhloroetana, sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai penghias ruangan. Perawatannyapun mudah, cukup disiram 3 hari hingga 1 minggu sekali. Tempatkan lidah mertua pada cahaya yang cukup,  di posisi yang tepat. Karena cahaya yang terlalu intens dapat mengakibatkan ujung-ujung daun menguning.

 

Peace Lily

(Photo source: https://gardengoodsdirect.com/product/peace-lily/)

Peace lily merupakan tanaman yang populer sebagai tanaman indoor di rumah maupun di kantor, karena tidak memerlukan banyak sinar matahari, dan perawatannyapun mudah. Tanaman yang memproduksi bunga putih yang cantik ini juga bermanfaat untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Perlu diingat bahwa daun peace lily cenderung mengumpulkan debu, jadi secara berkala sempatkanlah waktu membersihkan daun-daunnya dengan spons atau kain lembab, untuk menjaga tampilannya agar tetap cantik.

 

Pilea Peperomioides

(Photo source: https://heyhorti.com/products/pilea-perperomioides)

Tanaman dengan nama lain Chinese Money Plants ini mulanya berasal dari Cina, dibawa oleh misionaris Agnar Espegren ke Norwegia di tahun 1946, dan kemudian menjadi populer dan menyebar luas di negara Skandinavia. Bentuk daunnya yang bulat dan unik memberikan tampilan dramatis, sehingga pilea akan lebih pas diletakkan pada wadah yang berbentuk simpel. Dikarenakan tinggi maksimalnya yang hanya sekitar 30 cm, pilea cocok untuk menjadi tanaman meja. Pilea juga mudah tumbuh,  bisa diperbanyak melalui anakan yang akan tumbuh di sekitarnya. Tanaman ini juga memiliki kecenderungan bertumbuh ke arah datangnya sinar matahari. Jadi sebaiknya posisi tanaman harus sering diputar, agar tumbuhnya tidak miring atau condong ke satu arah.

 

Itulah beberapa tanaman hias yang dapat menjadi inspirasi untuk mempercantik bagian dalam rumah Anda.

Selamat berburu tanaman hias!

 

Follow Us/ Like Our Page/ Send Us Email
BAGIKAN

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
×
Chat WhatsApp dengan Lia